Euro 2016: Behind the curtain

5034

Event Euro 2016 dapat menjadi gambaran tentang beberapa perusahaan besar yang memiliki market share di benua biru tersebut. Walaupun tidak dapat disimpulkan perusahaan yang  mensponsori event Euro 2016 ini adalah market leader di industri terkait, namun dapat menggambarkan strategi offensive perusahaan untuk menciptakan brand awareness di Eropa bahkan di seluruh dunia (lewat siaran televisi).

Event sepak bola terbesar di Eropa telah dimulai. Event yang dinamai 2016 UEFA European Championship, atau lebih dikenal dengan Euro 2016, adalah event ke 15 kali yang diselenggarakan oleh UEFA (Asosiasi Sepakbola Eropa). Event yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali ini diselenggarakan di Perancis. Beberapa tim nasional unggulan sepakbola yang berpartisipasi di dalam event terbesar di Eropa ini, seperti Spanyol, Jerman, Italia, Inggris dan lain sebagainya.

Di balik event mewah ini ternyata di sponsori oleh beberapa perusahaan baik dari dalam Eropa, ataupun dari belahan benua lain. Event Euro 2016 dapat menjadi gambaran tentang beberapa perusahaan besar yang memiliki market share di benua biru tersebut. Walaupun tidak dapat disimpulkan perusahaan yang  mensponsori event Euro 2016 ini adalah market leader di industri terkait, namun dapat menggambarkan strategi offensive perusahaan untuk menciptakan brand awareness di Eropa bahkan di seluruh dunia (lewat siaran televisi). Selain itu analisis sponsorship evet Euro 2016 dapat menggambarkan market demand di Eropa pada sektor industry tertentu. Semakin banyak perusahaan dari satu jenis industri menggambarkan bahwa market demand atau market potential dari industri tersebut masih tinggi.

Record Breaking Show in UK

england-supporters-football-etihad-manchester_3472364

Bukan tanpa alasan, event Euro 2016 menjadi salah satu event yang menyedot banyak penonton di televisi. Network Television ESPN pada tahun 2012 (pada event Euro 2012) mencatatkan rata-rata 1.3 juta penonton. Hal tersebut mengalami peningkatan sebanyak 51% dari tahun 2008 (pada event Euro 2008).

Network Television asal Inggris, ITV, mencatatkan record sebagai acara yang menarik paling banyak penonton untuk seluruh program di Inggris Raya pada pertandingan Inggris vs Russia (11 Juni 2016) di event Euro 2016 dengan angka 14,1 juta penonton.

Berikut 20 perusahaan besar yang menjadi sponsor di event Euro 2016.

 

  1. Coca Cola: a Beverage company
  2. Nike: a Sport apparel company
  3. Adidas: a Sport apparel company
  4. McDonald’s: a Food company (restaurant chain)
  5. Samsung: an Electronic company
  6. Carlsberg: a Beverage company
  7. Heineken: a Beverage company (Beer)
  8. Lucozade: a Beverage company (energy drink)
  9. Mars: a Food company (Snack bar)
  10. Williamhill.com: a gambling company
  11. Vauxhall: an Automotive company (car manufacture)
  12. Panini: a Digital media company
  13. EE: a Telecommunication company
  14. Continental: an Automotive company (tire and car’s spare-part manufacture)
  15. Hyundai / KIA: an Automotive company (car manufacture)
  16. Orange: a Telecommunication company
  17. Turkish Airline: an Airline company
  18. Lidl: a retail company
  19. Hisense: an Electronic company
  20. Socar: an Oil & Gas company (state owned company)

 

United Kingdom ruled Euro 2016

orange-uefa-650x368

Dari 20 perusahaan yang disebutkan diatas, perusahaan asal Inggris menjadi ‘donatur’ paling banyak event Euro 2016. Tanpa mempertimbangkan nilai sponsorship, terdapat 6 perusahaan Inggris dari 20 list perusahaan sponsorhip terbesar di Euro 2016. Berikut adalah pengelompokkan 3 negara terbesar dari perusahaan sponsor event Euro 2016 berdasarkan negara tempat dimana perusahaan tersebut didirikan:

England:

  1. Lucozade: a Beverage company (energy drink)
  2. Mars: a Food company (Snack bar)
  3. Williamhill.com: a gambling company
  4. Vauxhall: an Automotive company (car manufacture)
  5. EE: a Telecommunication company
  6. Orange: a Telecommunication company

United States

  1. Coca Cola: a Beverage company
  2. Nike: a Sport apparel company
  3. McDonald’s: a Food company (restaurant chain)

Germany

  1. Adidas: a Sport apparel company
  2. Continental: an Automotive company (tire and car’s spare-part manufacture)
  3. Lidl: a retail company

 

Industry Grouping


sp-soccer-a-20160612.jpg

Sedangkan pengkasifikasian berdasarkan industri perusahaan itu berada menempatkan industri beverages sebagai perusahaan yang paling banyak men-sponsori Euro 2016 dengan perusahaan Coca Cola, Calrsberg, Heineken, dan Lucozade.

Sedangkan industri automotive menempati urutan kedua sebagai paling banyak mensponsori Euro 2016 dengan perusahaan Continental, Hyundai / KIA dan Vauxhall.

Summary

Beberapa perusahaan yang berasal dari industry beverage mendominasi araca olahraga sepakbola terbesar di Eropa ini. Perusahaan yang datang dari industri serupa, yakni sport apparel masih didominasi oleh dua perusahaan terbesar di industri tersebut, yakni Nike dan Adidas.

Yang mengejutkan adalah perusahaan Socar asal Republik Azerbaijan yang pertama kalinya menjadi sponsor di turnamen besar. Perlu diteliti kembali tentang market share dan lini bisnis perusahaan ini kenapa diperlukan nya brand awareness secara besar besaran.

Selain itu perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Inggris, EE dan Orange secara offensive melakukan upaya marketing di acara Euro 2016. Perlu adanya penelitian tambahan tentang hal ini. Hipotesis yang dapat disimpulkan adalah dua kemungkinan, yakni adanya peningkatan market demand di industry telekomunikasi di Inggris Raya atau adanya persaingan yang ketat di industry telekomunikasi di Inggris Raya untuk mengambil market share yang ada.

 

Oleh Adrian Wijanarko, Jakarta 13 Juni 2016

 

 

 

3 comments

  1. Perspektif · June 14, 2016

    Great insight… Event-event besar khususnya pada ajang olahraga, pada dasarnya kemungkinan hanya akan mampu diikuti oleh perusahaan yang besar skalanya.

    Liked by 1 person

  2. Pingback: Euro 2016 dan Kepentingan-Kepentingan Bisnis Didalamnya | thebusinessperspective
  3. Pingback: Brand emotion in EURO 2016 euphoria | insight economy

Leave a comment